3.09.2012

Mesin Pencari (Search Engine)

  Internet sebagau sumber informasi yang sangat besar memuat jutaan informasi. Oleh karena itu, jika membutuhkan artikel-artikel tertentu, pasti akan sangat sulit bila harus mengecek satu per satu. Namun, kalian tidak perlu khawatir. Di internet tersedia mesin pencari yang dapat digunakan untuk melacak alamat dari artikel-artikel tersebut. Teknik pencariannya juga beragam, bisa berdasarkan kata kunci, kategori, maupun frasa

1.Pelacakan Alamat Berdasarkan Kata Kunci Melalui Mesin Pencari

    Kalian dapat memanfaatkan fasilitas mesin pencari yg disediakan pada portal yahoo.com ,atau situs mesin pencari seperti google.com ,atau mesin pencari pada situs teretntu.Jika kalian ingin mahir mencari informasidi dalam internet, kalian perlu selalu mencoba menggunakan fasilitas mesin pencari dan belajar merumuskan kata kunci yg tepat.


PRAKTIK :
1. Pastikan bahwa kalian sudah mempersiapkan sebuah layanan mesin pencari, misalnya google.com atau google.co.id untuk versi indonesia
 
 
2. Rumuskan dan ketiklah sebuah kata kunci pada tempat yg telah tersedia. Mesin pencari akan menyajikan semua judul halaman berikut alamat URL yang memuat informasi yg mengandung kata kunci tersebut. Misalkan ketikkanlah kata kunci Biologi , lalu tekan Enter dan tunggu sejenak

3. Kalian akan memperoleh daftar judul halaman (page title) & alamat URL yg memuat artikel yg mengandung kata kunci biologi tersebut.

4. jika ingin mendapatkan informasi selengkapnya dari judul halaman, ketiklah Biologi - Wikipedia. Akan diperoleh informasi. 
 
5.Jika ingin kembali ke halaman yg hanya menyajikan daftar judul halamanm kliklah tombol anak panah (back) pada bagian kiri atas

6. Jika kalian ingin kembali ke halaman yg memuat informasi secara rinci tersebut, kliklah kembali hypertext Biologi-Wikipedia . Untuk menyimpan informasi tersebut, kliklah menu File - Save Page As... .
 
7.Kalian akan melihat tampilan kotak dialog Save As. Pastikan direktori yg akan digunakan untuk menampung file informasi yg akan disimpan. 

8. Jika ingin mencetak artikel yg sudah disimpan, kalian dapat kembali mengklik menu File, lalu Print. Akan diperoleh Print. Jika nama printer sudah tepat, maka kalian dapat segera mengklik tombol OK, sehingga printer akan mencetak informasi yg tersaji.


0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates